Entri Populer

Friday 18 September 2015

Siapakah sosok NENEK IJAH pada permainan "hom pim pah alayyum gambreng" ?

" Hom pim pah alaiyum gambreng!"
"nenek ijah pake baju rombeng"
"rombeng"
"rombeng.."
"Kamu jaga..jaga.., itung sampe 1000"..terlalu sadis kali ya..mmm 50 aja deh.
Yang lain pun berlarian....

Ya, sedikit cuplikan dari anak-anak yang sedang bermain petak umpet, dimana satu orang berhitung sampai 50 dengan menutup matanya dan anak2 yang lainnya mencari tempat persembunyian.

Ada yang unik yang tidak sempat terpikirkan oleh anak2 yang bermain petak umpet ini, untuk mencari siapa yang jaga, mereka mengundinya dengan menggunakan "Hom Pim Pah", dan terus diulangi sampai menemukan seorang yang menjulurkan tangan dengan warna berbeda sendirian.

Mereka mengatakan " Hom pim pah alaiyum gambreng,nenek ijah pake baju rombeng!" yang sebenarnya mungkin mereka tidak mengetahui arti dari hom pim pah itu. Dalam tulisan ini saya bukan ingin menjawabnya, justru saya gak tau arti dari hom pim pah itu sendiri.

Biasanya pemenang ditentukan dengan perbedaan sisi tangan yang disodorkan ke tengah-tengah. Bila seorang pemain memilih untuk menyodorkan telapak tangan sedangkan pemain lainnya menyodorkan punggung tangan, maka otomatis pemain yang menyodorkan telapak tangan adalah pemenangnya. Kondisi ini juga berlaku sebaliknya. Prosesi gambreng dilakukan terus sampai hanya tersisa dua orang. Kedua orang tersebut akan melakukan  suit untuk menentukan siapa yang kalah atau siapa yang berjaga pertama. tapi ini hanya sekilas ,karena bukan ini yang akan saya bahas kali ini , pernahkah terbesit di fikiran angan angan kalian, "siapakah sosok INAK IJAH yang memakai baju rombeng? apakah dia mantan girlband tahun 70 han ? apakah dia nenek kalian yang sedang menyamar ? atau kah dia tetangga depan rumah yang namanya nenek ijah yang jualan serabi?

jadi akhirnya barusan Saya menemukan  arti dari hompimpa itu, sumber berasal dari kaskus.us, dituliskan oleh TS-nya seperti ini: "permainan rakyat Indonesia itu sarat dengan nilai ketuhanan, seperti Hompimpa. Kalimat "Hompimpa Alaium Gambreng" itu bermakna "Dari Tuhan kembali ke Tuhan, mari kita bermain!"" jadi dengan sambungan kalimat "nenek ijah pake baju rombeng itu korelasinya dimana dengan hom pim pah ??"""" jadi kesimpulan yang bisa saya ambil disini ialah.

sosok inak ijah itu siapa akan menjadi misteri selamanya,dan alangkah baiknya jika lirik "pake baju rombeng" nya di ganti menjadi  . "hompimpah alayum gambreng, nenek ijah pake baju royal" hehe.

sekian untuk malam ini, sebelum tidur mari kita hom pim pah dulu
" Hom pim pah alaiyum gambreng!"
"nenek ijah pake baju rombeng"
"rombeng"
"rombeng.." cie nenek ijah nyengir nyengir. :D


No comments:

Post a Comment